THOSE ARE OUR CORALS!

Oleh : Siti Ummayah – Duta Terumbu Karang SMAN 6 Bogor

As we know, Negri yang kita cintai ini kaya akan sumber daya alam. Mulai yang berada di daratan hingga lautan, maka tidak jarang banyak manusia yang memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan hidup mereka. Tetapi manusia yang tidak pernah puas, and it’s correct. Mereka merampas kekayaan di alam bahkan yang seharusnya tidak dipergunakan seperti contohnya, Terumbu Karang.

Anyway talk about corals, “kira-kira apa sih yang kalian ketahui tentang karang?
Coral isn’t a stone, Coral isn’t a plant, Coral isn’t only a house of Nemo and friends. But yea… Coral are animals!

Mengapa hewan? Hewan dimananya?” mungkin kalian bertanya seperti itu. Karang adalah hewan yang menyerupai ubur-ubur karena sama-sama memiliki tentakel. Jaringan karang ini bersimbiosis dengan tumbuhan alga, zooxanhelleaTheir colonies called polyps.

Karang di Indonesia saat ini terancam punah. Padahal Indonesia sendiri termasuk Coral Triangle atau Segitiga Terumbu Karang selain Papua Nugini, Philipina, Kepulauan Solomon dan timor Leste. Karena Indonesia merupakan rumah dari ⅛ karang di dunia. Benarkah?

According to the LIPI’s survey, 5,58% karang Indonesia sangat baik, 26,95% tergolong baik, 37% tergolong sedang, dan 33% sudah tergolong rusak parah. Dilihat dari presentase angka tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa ekosistem terumbu karang Indonesia “terancam punah”.

Hal tersebut mengingatkan kita pada peristiwa coral bleaching di Sumatra, Jawa, Bali, Lombok dan Kalimantan Timur pada tahun 1997-1998. Dimana terjadinya pemutihan karang secara besar-besaran yang mengakibatkan 90%-95% karang mati. Certainly we won’t that happen again, right?

You can imagine, how’s the sea without Corals. Laut gersang tanpa warna-warni dari terumbu karang, ikan-ikan kehilangan tempat berlindungnya, tidak ada lagi wisata bahari semenarik terumbu karang, dan pantai pun tidak terlindungi. Because no coral – no fish – no eat!

Maka dari itu, sebagai makhluk hidup yang memiliki akal, kita harus menjaga keseimbangan alam terutama ekosistem terumbu karang sebelum benar-benar punah.

C’mon guys, let’s save our Corals. Those are our Corals! Are you want to let your Corals in the endangered, aren’t you?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *