Sholat, Keutamaan & Manfaatnya

Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib untuk seorang muslim, sholat dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan 2 salam. Shalat adalah penghubung antara hamba dengan Rabb-nya. Selain itu sholat juga merupakan ibadah yang di syariatkan langsung kepada Rosulullah (tanpa perantara malaikat) oleh ALLAH Subhanahu wata’ala, berbeda dengan ibadah lainnya. Namun ternyata tanpa kita ketahui bahwa dalam setiap gerakan sholat yang sering kita lakukan terdapat banyak keutamaan dan manfaat. Berikut uraiannya:

Menyembuhkan rematik

Menurut penelitian para ahli dan dokter, jika melakukan sholat 5 waktu secara terus-menerus dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit rematik. Karena setiap gerakan sholat disebut sebagai olahraga terbaik untuk tubuh kita,

Melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan terapi penyakit jantung

Menurut para ahli kedokteran Jika kita disiplin dalam menjalankan sholat, itu dapat melancarkan sistem peredaran darah. Karena pada saat kita melakukan gerakan ruku’ dan sujud dalam waktu lama maka akan meminimalisir ancaman darah tinggi secara akut di kepala. Selain itu, ketika melipat tangan di dada akan melancarkan peredaran darah dari atas pergelangan tangan ke bawah yang mampu mencegah infeksi yang umumnya menyerang pergelangan tangan. Dan dapat mengatur keseimbangan antar sendi pada paha, lutut, dan kaki.

Menghilangkan rasa gelisah dan khawatir dalam diri

Ketika melakukan sholat dengan khusyu’, meninggalkan segala urusan dunia, merendahkan diri dan berserah diri di hadapan ALLAH Subhanahu wata’ala seakan kita sedang menghadap-Nya dan menyadari manusia hanya mahluk ALLAH yang lemah dan meminta ampunan kepadanya. Dengan melakukan hal tersebut membuat hati lebih tenang dan menghilangkan stress, seperti terdapat dalam Q.S Al-mu’minun:1-2 bahwa “Sesungguhnya sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya”. Ayat ini menerangkan kepada umat Islam, shalat dengan khusyuk mampu memberikan manfaat yang besar.

Memudahkan persalinan

Khusus untuk para ibu yang sedang H2C (Harap-harap Cemas) menanti kelahiran si kecil. Harus anda ketahui bahwa dalam gerakan sujud, Saat pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama.Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila, otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

Memperbaiki kesuburan serta memperindah postur tubuh

Saat duduk tawarruk, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum. Serta pada saat sujud, terjadi latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggaan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

Awet muda

Bagi kaum wanita yang sering gonta-ganti segala merk kosmetik agar dapat awet muda, kini tak perlu repot-repot karena gerakan terakhir sholat yaitu salam (menengok ke kanan dan kiri) ternyata berpengaruh besar terhadap kekencangan kulit wajah, gerakan ini merupakan relaksasi untuk wajah dan leher. Yang tak kalah penting adalah dapat menghidari migrain dan sakit kepala.

Membantu pencernaan

Salah satu gerakan shalat adalah sujud yang dilakukan berulang kali dalam shalat. Tanpa kita sadari sujud melatih otot punggung, lengan, paha, tungkai, pinggang, dan otot-otot perut. Dengan melatih otot-otot tersebut, proses pencernaan akan lebih terbantu, sehingga sakit mag sangat diminimalisir dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan usus.

Selain hal-hal di atas, sholat juga merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk memohon ampunan atas segala dosa dan kesalahan. Begitu banyak manfaat dari setiap gerakan sholat, tapi yang paling penting adalah Sholat itu tiang agama, bagaimana mungkin agama ini bisa berdiri tegak jika tiangnya saja sering ditinggalkan dan tidak di laksanakan??? Jadi, sudahkah anda sholat?

Mari kita bersegera dalam kebaikan…..!

Updated: January 31, 2021 — 5:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *