Menyimpan Sayuran di Suhu Ruang (Kamar)

Lemari pendingin atau kulkas merupakan salah satu alat yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari karena kulkas mampu menyimpan bahan pangan lebih tahan lama, terutama untuk diary product dan daging. Namun, akan sangat merepotkan jika kulkas sudah penuh bahan pangan sedangkan masih ada beberapa bahan pangan yang harus disimpan di kulkas.

Jangan khawatir karena ada beberapa tips untuk menyimpan bahan pangan di suhu ruang terutama sayuran dan buah. Berikut tipsnya:

  • Ruangan untuk menyimpan sayuran harus bersih karena kebersihan bisa berpengaruh terhadap durasi penyimpanan sayuran. Usahakan tidak menyimpan sayuran di tempat kotor karena akan mempercepat proses pembusukan.
  • Sirkulasi udara dan kelembaban juga harus diperhatikan, sebaiknya simpan sayuran di tempat yang kering dan sejuk dengan sirkulasi udara yang baik agar tahan lama.
  • Untuk mempertahankan kesegaran sayuran, sebaiknya sayuran jangan ditempelkan di dinding atau lantai karena mampu mempercepat pelunakan sayuran yang akhirnya mempercepat proses pembusukan.
  • Sebelum disimpan, sebaiknya sayuran jangan dicuci karena ketahanan alami sayuran tersebut akan berkurang. Akibatnya bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam sayuran. Sebaiknya kotoran yang menempel dibuang, tapi jangan menggunakan air.
  • Sebelum dimasak, sebaiknya tangkai sayuran tidak dibuang. Sama halnya dengan bagian tubuh yang terluka, tangkai sayuran yang dipotong sebelum dimasak akan mempercepat pembusukan sayuran.
  • Perhatikan sayuran dengan cermat dan teliti. Jika ada bagian yang mulai membusuk atau sudah busuk sebaiknya langsung dibuang karena akan mempengaruhi sayuran lainnya dan tidak sehat bagi tubuh jika tetap dimasak.
  • Sayuran yang akan disimpan sebaiknya dalam kondisi kering, tidak basah dan terkena air.
  • Sebaiknya pengelompokan sayuran tetap dipertahankan dalam proses penyimpanan. Sehingga, sayuran yang masih segar tidak tercampur dengan sayuran yang mulai membusuk. Hal tersebut dikarenakan masa penyimpanan setiap sayuran berbeda.
  • Agar sirkulasi udara sayuran tetap terjaga, sebaiknya sayuran disimpan menggunakan kertas Koran atau wadah berlubang. Sehingga, sayuran tetap dalam keadaan segar dan awet.

Tidak semua sayuran disimpan di lemari pendingin. Ada beberapa jenis sayuran yang tidak perlu disimpan di lemari pendingin namun awet. Apa saja jenis bahan pangan tersebut?

Tomat

Buah sayur ini memang sangat nikmat disajikan pada saat dingin. Namun, buah ini merupakan buah tropis yang sangat menyukai panas dan tidak menyukai dingin. Akan sangat baik jika tomat tidak disimpan di kulkas, namun cukup disimpan di meja dapur. Sehingga, kesegaran dan keawetan tomat tetap terjaga.

Mangga

Buah yang kaya vitamin C ini sudah memiliki perlindungan alami yang ampuh (kulit mangga). Sehingga tidak perlu disimpan di kulkas, sama halnya dengan tomat. Buah mangga merupakan buah tropis dan tidak cocok disimpan di ruangan pendingin. Menyimpan mangga dalam lemari pendingin dapat membuat kulit buah mengkerut dan daging buah menipis.

Kentang

Sayuran jenis umbi-umbian ini merupakan sayuran yang tumbuh di suhu dingin, namun bukan berarti kentang bisa disimpan di kulkas. Penyimpanan terbaik untuk kentang adalah dengan menyimpan di kertas atau Koran lalu disimpan di lemari makanan atau lemari yang ada di dapur.

Kertas sangat baik untuk melapisi kentang dalam penyimpanan karena memiliki pori-pori sehingga sangat memungkinkan bagi kentang untuk mendapat sirkulasi udara yang baik.

Semangka

Segarnya menyantap buah semangka dalam keadaan dingin. Namun, tahukah Anda? Buah semangka yang disimpan di suhu ruang memiliki kadar likopen 40% lebih tinggi dibanding disimpan di kulkas.
Memilih sehat atau segar tapi kurang sehat?

Bawang

Sayuran yang termasuk dalam jenis umbi lapis ini sebaiknya jangan disimpan di lemari pendingin. Bawang saat dijual di pasar masih dalam keadaan lembab, belum kering sepenuhnya. Menyimpan di kulkas hanya akan menambah kelembaban bawang yang akhirnya membusuk atau tumbuh menjadi bibit siap tanam. Sebaiknya simpan bawang di tempat kering dengan wadah terbuka agar bawang kering sempurna dan lebih awet.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *