Mengapa Kita Membutuhkan Tanaman?

Makin banyak tanaman makin baik. Namun, tidak sedikit rumah yang tidak membiarkan tanaman tumbuh di sekitar halamannya. Apalagi menyimpan tanaman di dalam rumah. Tidak hanya tubuh, tanaman yang berada di sekitar kita memberikan efek positif bagi tubuh manusia.

Selain menghasilkan oksigen yang dihirup oleh semua mahluk hidup, menghisap karbondioksida yang kurang baik bagi kesehatan, menyimpan air, dan mengokohkan tanah. Ternyata tanaman memiliki fungsi lain yang saying dilewatkan. Berikut manfaatnya:

• Mengurangi debu dan menghalau flu
Uap air dihasilkan tanaman saat melakukan fotosintesis. Tanaman hias dalam ruangan mampu meningkatkan kelembaban di dalam ruangan yang pada akhirnya mengurangi debu. Peningkatan kadar kelembaban dan pengurangan debu mampu mengurangi resiko terserang penyakit dingin hingga 30%.
• Menghilangkan kantuk & menyembuhkan sakit kepala
Kantuk berlebihan dan sakit kepala sering dialami di dalam ruangan karena kadar karbondioksida yang tinggi. Proses fotosintesis pada tanaman mampu menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Akibatnya ruangan lebih segar karena banyak mengandung oksigen.
• Menghilangkan stress
Pernah dengar pengaruh warna terhadap aktivitas manusia? Pengaruh warna terhadap aktivitas manusia tersebut memang benar. Warna hijau pada tanaman mampu merelakskan pikiran yang sedang banyak tekanan sehingga pikiran lebih segar.

Memiliki tanaman di sekitar lingkungan memang tiada ruginya. Jika Anda tidak memiliki lahan, sebaiknya gunakan cara hidroponik untuk bertanam (lihat di sini). Sebaiknya tanaman dalam ruangan tidak diletakan di kamar tidur karena aka nada perebutan asupan oksigen antara manusia dan tumbuhan di malam hari.

Selamat mencoba

Updated: January 30, 2021 — 6:56 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *