Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Baglog Jamur Tiram

Ada yang pernah mendengar istilah baglog jamur tiram?
Jika belum, baglog jamur timar merupakan hasil utama dari proses budidaya jamur tiram. Proses pemanenan jamur dilakukan setelah proses pemutihan baglog selesai dengan tingkat meisilium mencapai 100%.

Setelah baglog penuh meisilium, baglog jamur tiram siap dipanen. Limbahnya dapat digunakan sebagai bahan baku pupuk kompos. Bagaimana prosesnya?

Bahan Baku :

  • Kotoran ternak sapi/ayam 100 kg
  • Limbah baglog 250 kg
  • EM4 350 ml
  • Gula merah 1/4 kg
  • Dedak 10 kg
  • Air secukupnya

Cara Pembuatan :

Gula dilarutkan dalam air kemudian campurkan dengan EM4, bahan – bahan (kotoran ternak, dedak dan limbah baglog) dicampur sampai merata,campurkan larutan EM4 ke campuran bahan tersebut dan aduk hingga tercampur sempurna. Untuk menentukan tingkat kadar air dapat di cek dengan cara mengepal campuran tersebut dan jika tidak ada air yang menetes saat dikepal dan bahan tetap menggumpal, berarti kadar air sudah cukup. Setelah tercampur merata, campuran ditumpuk menyerupai gunungan dengan ketinggian 1 meter. Tutup dengan terpal atau penutup lainnya. setiap hari campuran tersebut diaduk untuk mendinginkan panas yang dihasilkan dari proses fermentasi, kemudian ditumpuk lagi. Proses fermentasi hingga pupuk matang selama 7 – 10 hari. Jika sudah dingin pupuk sudah dapat digunakan.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *