Kursi Roda Recycle asal Jepang Didonasikan kepada Panti Werdha Bogor

Pagi ini saya bersama teman-teman kuliah di Indonesia menemani salah seorang teman, Delta Putra yang berkesempatan belajar di Jepang untuk menyerahkan kursi roda untuk panti werdha yang ada di Bogor.

Delta merupakan anggota dari Perhimpunan Pelajar Indonesia Sapporo (PPI Sapporo). PPI Sapporo bekerja sama dengan NPO Go Fly Wheelchair mendonasikan satu unit kursi roda kepada Dinas Sosial Balai Perlindungan Sosial Tresna Werdha Bogor.

Yang menarik adalah kursi roda yang diserahkan merupakan produk recycle. Kursi roda tersebut merupakan bantuan dari Go Fly WheelchairGo Fly Wheelchair merupakan sebuah organisasi (NPO) yang mengumpulkan kursi roda yang dirakit ulang agar bisa digunakan kembali dan bisa disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan di Negara berkembang.

Organisasi ini menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk bisa membantu pihak-pihak yang membutuhkan. Kursi rodanya pun terlihat orisinil dengan kondisi yang sangat bagus, terbukti ketika salah satu nenek mendudukinya dan merasa nyaman dengan kursi roda tersebut.

Salah satu Negara berkembang yang mendapat bantuan kursi roda dari organisasi yang berada di Jepang ini adalah Indonesia. Menurut Delta, sekitar 100 kursi roda yang sudah didistribusikan di Indonesia, kebanyakan di Kalimantan dan Sumatera.

Pendistribusian kursi roda recycle ini sudah sampai ke seluruh dunia, bahkan Afrika dan kebanyakan di Asia. Hingga saat ini, kursi roda yang sudah disalurkan mencapai 2000-an unit di tahun 2012.

Untuk mendistribusikan kursi roda, organisasi ini tidak sendiri, mereka bekerja sama dengan pelajar, sukarelawan, dan pekerja yang ada di Jepang untuk mendistribusikan kursi roda kepada yang membutuhkan di daerah masing-masing.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia asal Jepang ini, Delta membawa buah tangan yang semoga akan menjadi sangat bermanfaat di panti werdha yang berkapasitas 60 orang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *