Eco Driving : Cara Mengemudi Ramah Lingkungan

Hadirnya isu Pemanasan Global membuat banyak orang mengkampanyekan aksi ramah lingkungan. Bahkan banyak pula bermunculan barang-barang bertemakan Go Green, seperti makanan organik, alat elektronik hemat energi, bahkan sampai kendaraan ramah lingkungan. Salah satu hal yang menjadi isu terhangat adalah kehadiran mobil-mobil ramah lingkungan.

Kemunculan ide mobil ramah lingkungan, adalah karena semakin meningkatnya jumlah polusi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor. Meski mobil tersebut ramah lingkungan, tapi tidak semuanya ramah dikantong, sehingga hanya segelintir orang saja yang baru bisa merasakan mengendarai mobil ramah lingkungan tersebut. Tapi bagi anda pengendara mobil yang tetap ingin ikut berpartisipasi dalam aksi ramah lingkungan, anda bisa melakukannya melalui cara Eco – Driving.

Cara ini dimaksudkan untuk menginformasikan, bagaimana cara berkendara yang sesuai dengan prinsip ramah lingkungan. Cara ini juga dipercaya mampu menghemat bahan bakar, yang pastinya juga menghemat energi dan biaya. Berikut adalah prinsip-prinsip Eco – Driving yang bisa anda terapkan :

1. Mempersingkat waktu pemanasan mobil

Di pagi hari seringkali mobil anda dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipakai, tapi seringkali kita meninggalkan mobil kita saat sedang dipanaskan. Pada akhirnya hal itu pun membuang bahan bakar mobil anda secara percuma.

2. Tentukan rute yang akan ditempuh

Jika anda tinggal di kota yang rawan macet, sebelum anda pergi ke tempat tujuan, ada baiknya anda menentukan rute kendaraan anda untuk menghindari macet.

3. Matikan mesin mobil saat sedang menunggu

Bila anda sedang menunggu dan memakan waktu lebih dari 30 detik, sebaiknya mesin mobil anda dimatikan. menyalakan mesin kembali ternyata lebih menghemat energi, daripada menyalakannya selama 10 detik.

4. Menyetirlah secara perlahan

Saat anda menyalakan mesin mobil, ada baiknya anda menunggu selama 5 detik sebelum mencapai 20km. usahakan juga untuk menginjak rem seminim mungkin, serta turunkan kecepatan kendaraan di jalan menurun.

5. Kurangi beban

Keluarkanlah barang-barang yang tidak terpakai yang ada di dalam mobil anda, karena hal itu akan mempengaruhi aerodinamika mobil dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

6. Merawat kendaraan

Rawatlah kondisi kendaraan anda agar tetap dalam konsisi baik, mulai dari ban, mesin, kopling dll.

Updated: January 30, 2021 — 5:21 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *