Diikuti 2.458 Warga Bogor, Lebih dari 2.600 Karung Sampah Terkumpul

Satu lagi kegiatan yang mampu menumbuh kecintaan terhadap lingkungan, Lomba Mulung Sampah Ciliwung antar-kelurahan se Kota Bogor yang diadakan oleh Komunitas Peduli Ciliwung dan Pemerintah Kota Bogor.

Acara yang dilaksanankan 1 Juni ini diikuti oleh 2.458 warga Kota Bogor yang mampu mengangkat 2.678 karung berisi sampah dari Sungai Ciliwung. Sampah yang terangkat tidak ringan beratnya, satu karung sampah yang penuh beratnya sekitar 25 kg.

Lomba yang telah dihelat selama lima tahun ini diinisiasi oleh Komunitas Peduli Ciliwung (KPC). Lomba ini diikuti oleh kelurahan yang terletak di sepanjang Sungai Ciliwung. Hadiah yang ditawarkan uang tunai puluhan juta rupiah dan piala bergilir dari Walikota Bogor. Adapun kriteria pemenang dalam lomba ini adalah jumlah karung yang dikumpulkan, jumlah peserta yang ikut berpartisipasi, dan kreativitas warga yang mengikuti lomba.

Dari hasil penilaian dan pengumpulan poin, pemenang lomba ini adalah kelurahan tanah sareal, sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati oleh kelurahan Bantarjati dan Sempur.

Sampah yang terkumpul berupa sampah plastik dan organik, namun porsi sampah plastik lebih banyak dan menumpuk. Dampak positif akan kelestarian Sungai Ciliwung tentunya didapatkan setelah lomba dilaksanakan. Ketua Gerakan Ciliwung Bersih, Erna Witoelar berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di tempat-tempat yang dialiri Sungai Ciliwung, seperti Depok dan Jakarta. Tak hanya itu, sungai besar di luar Pulau Jawa juga perlu mendapat perhatian agar kelestariannya tetap terjaga, seperti sungai di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Sungai Ciliwung mengalir sepanjang 117 km dari wilayah hulu di Cagar Alam Telaga Warna (puncak) hingga bermuara di Teluk Jakarta. Aliran sungai ini melintasi wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan seperti ini mengindikasikan masih banyak warga Bogor yang perduli akan lingkungan dan kelestarian Sungai Ciliwung dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini dan kegiatan-kegiatan serupa lainnya, kecintaan terhadap lingkungan semakin besar. Sehingga kelestarian alam bisa terus dilaksanakan.

Salam sahabat hijau

Updated: January 31, 2021 — 6:09 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *