Deteksi Kesehatan Lewat Kaki Yuk!! Part 2

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak sering diperhatikan oleh empunya. Namun, tidak bagi wanita karena salah satu penunjang kecantikan ada pada kaki. Tidak sedap jika melihat kaki dalam keadaan kering, apalagi mengeluarkan aroma kurang sedap.

Kita tidak akan membicarakan mengenai kaki kering atau kaki yang mengeluarkan bau kurang sedap, namun tentang kesehatan tubuh keseluruhan. Menurut seorang podiatrist asal Michigan Amerika Serikat, Anthony Weinert, DPM, kaki merupakan jendela yang mampu memberi tahu kita mengenai keadaan tubuh keseluruhan.

Apa saja gejalanya?

Kuku Rapuh – Kekurangan vitamin

Kuku rapuh mampu menunjukkan kekurangan vitamin A dan D. Beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin D, kalsium, dan magnesium merupakan fondasi untuk kesehatan kuku. Vitamin D dapat didapatkan juga dari pancaran sinar matahari sehari-hari atau dengan mengonsumsi suplemen yang meningkatkan penyerapan kalsium dan meningkatkan kandungan magnesium dalam tubuh. Kekurangan asam lemak esensial dapat juga menyebabkan kondisi peradangan di sekitar kuku, yang menyebabkan lemah dan rapuh. Beberapa kondisi kesehatan juga menjadi penyebab kuku menjadi lemah dan rapuh seperti penyakit Raynaud, hypothyroidism, paru-paru, TBC, dan sindrom Sjogren.

Bengkak besar merah dan menyakitkan,di kaki – Encok atau rematik

Encok berkembang ketika sejumlah asam urat yang biasanya berasal dari makanan seperti anggur, keju, dan daging merah. Bengkak tersebut bahkan tidak bisa disentuh karena sangat menyakitkan. Pasien dengan encok juga memproduksi asam urat berlebihan atau kurang mengekskresikan asam urat tersebut.

Kram atau kram otot pada paha atau betis – Dehidrasi, kadar kalium rendah

Kram kaki dan kram otot pada paha dan betis biasanya disebabkan karena kekurangan kalium atau dehidrasi. Jika memiliki masalah dengan kram pada kaki atau kram otot, sebaiknya konsumsi pisang sebelum latihan dan minum air yang cukup sebelum dan sesudahnya. Sebagai antisipasi, Anda bisa lakukan peregangan sebelum tidur.

Kuku berbintik-bintik – Psoriasis (penyakit kulit)

Sekitar hampir setengah dari penderita psoriasis, jari dan kuku kaki memiliki lubang-lubang kecil. Lebih dari ¾ orang yang memiliki radang sendi psoriatic, tipe radang sendi yang berkaitan dengan psoriasis yang mempengaruhi sambungan, juga memiliki kuku bopeng. Kuku-kuku juga menebal, kekuning-kuningan atau kecoklat-coklatan. Seiring dengan pengobatan yang dijalani, kuku-kuku pada jari akan kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *