Cara Mengubah PDF ke Word

Cara Mengubah PDF ke Word. PDF (Portable Document Format) merupakan sebuah file berbasis teks yang banyak digunakan oleh e-book atau electronic book. PDF diciptakan oleh Adobe System ini dinilai lebih aman dari yang lain dan dapat dibuka dengan perangkat apapun dengan tampilan yang sama. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa membatasi akses ke file PDF dengan menggunakan password sehingga informasi didalamnya tetap aman dan terjaga.

Namun, meskipun file PDF ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya, nyatanya masih banyak orang yang lebih senang menggunakan file Word dari pada file PDF. Sehingga hal ini tidak jarang orang harus mengubah file PDF menjadi file Word supaya lebih mudah diakses.

Untuk mengubah file PDF ke file Word bisa dilakukan secara online maupun offline, dan disini kami akan memberikan tips mengkompres file PDF to Word dengan tiga langkah berikut ini.

3 Cara Mengubah PDF ke Word

mengubah pdf ke word

Pakai Microsoft Office

Kalau di laptop milikmu sudah ada aplikasi Microsoft Word, berarti kamu nggak perlu pusing lagi. Soalnya, Microsoft Office versi 2013 ke atas sudah memungkinkan penggunanya untuk membuka, mengedit, dan menyimpan file PDF langsung di Microsoft Word. Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah file PDF menjadi file Word!

  • Buka aplikasi Microsoft Word di laptop milikmu
  • Pilih menu “File”> “Open” dan pilih file PDF yang akan dikonvert
  • Setelah muncul pop up peringatan, klik “OK” dan tunggu proses konvert selesai
  • Pilih menu “File”> “Save As” dan simpan file dalam format Word .doc atau .docx yang sesuai dengan kebutuhan

Pakai Adobe Acrobat Pro

Selain Microsoft Office, kamu juga bisa memakai aplikasi Adobe Acrobat Pro yang biasanya tersedia di laptop milikmu. Kalau nggak tersedia, tinggal download + install Adobe Acrobat Pro dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah file PDF menjadi file Word!

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat Pro di laptop milikmu
  • Buka file PDF yang akan dikompres
  • Pilih “File” > “Save As Other” > “Microsoft Word” > “Word Document” dan voila! dalam sekejap, file PDF milikmu sudah berubah menjadi file Word

Pilih Converter Online

Cara terakhir ini lebih sering digunakan dan dinilai lebih praktis, dimana banyak sekali converter online yang tersedia dan gratis. Selain itu, tidak perlu ribet dengan melakukan registrasi atau pendaftaran, kamu hanya perlu memasukan file pdf dan akan diubah otomatis menjadi word. Ukuran maksimal file yang bisa diupload juga terhitung besar yaitu mencapai 50 MB.

Nggak mengecewakan, kamu bisa memilih format file .doc dan .docx yang sesuai dengan kebutuhan. Praktis banget, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah file PDF menjadi file Word!

  • Buka web Convert Online Free
  • Pilih jenis file output yang diinginkan: “PDF to DOC” atau “PDF to DOCX”
  • Klik “Browse” dan pilih file PDF yang akan dikonversi
  • Klik “Convert” dan tunggu proses konversi selesai
  • Setelah muncul pop up untuk men-download file PDF yang berhasil dikonversi, klik “OK” untuk menyimpannya di laptop milikmu

Gimana? Tidak cukup sulit bukan untuk mengubah file pdf to word ini? Tinggal pilih satu dari tiga langkah diatas saja, maka kamu sudah bisa mengubah file pdf ke word sehingga mudah diakses. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *