Apa saja Makanan yang Mengandung Gas?

Memasuki bulan ramadhan, biasanya ada salah satu penyakit yang sering mengintai dan mengganggu. Maag merupakan gejala kenaikan asam lambung yang tinggi. Gejala maag sangat mudah dikenali seperti: mual, kembung, dan bersendawa.

Beberapa jenis makanan tertentu ternyata mampu menghasilkan gas berlebih pada lambung. Gas yang berlebihan jika didiamkan akan menyebabkan maag. Apa saja jenis makanan tersebut?

Lobak, kembang kol, brokoli dan kubis

Semua sayuran ini mengandung serat yang sulit dicerna, sehingga memicu usus besar memproduksi gas.

Bawang

Bawang kaya kandungan gula alami atau fruktosa yang sulit dicerna, akibatnya bumbu masakan ini dapat menghasilkan gas.

Kacang polong

Kacang polong mengandung gula kompleks raffinose, jika terlalu banyak makan kacang polong bisa membuat perut anda bergas apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Makanan pedas

Makan makanan pedas dapat memicu terjadinya gas lambung dan perut kembung.

Soda dan minuman ringan

Untuk anda yang sering minum minuman bersoda, sebaiknya hati-hati karena minuman jenis ini dapat memicu gas berlebih dalam perut, hal ini dikarenakan minuman ini mengandung fruktosa yang sulit dicerna.

Susu dan turunannya

Jika tubuh tidak cukup memiliki enzim laktosa, susu dan produknya (mengandung laktosa cukup tinggi) mampu menimbulkan gas pada perut. Contohnya keju dan es krim.

Selain makanan, stress juga bisa meningkatkan kandungan asam lambung dalam perut. Sangat disarankan bagi penderita maag untuk tidak terlalu memikirkan hal-hal yang berat.

Selamat mencoba

Updated: January 31, 2021 — 5:10 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *