Apa itu Polar Vortex?

Cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, tidak hanya terjadi di kawasan Indonesia saja. Beberapa negara bagian di dunia pun ikut mengalaminya. Di Amerika Serikat terkena hawa dingin yang sampai membekukan banyak tempat terutama yang mengandung air. Hawa dingin dan beku itu disebut dengan nama Polar Vortex atau Pusaran Kutub. Seperti halnya dengan apa yang terjadi dalam film berjudul The Day After Tomorrow, polar vortex yang terjadi saat ini hampir sama seperti apa yang diceritakan film tersebut.

Hampir separuh dari daratan di Amerika Serikat diterjang hawa dingin bersalju bahkan ada juga yang sampai membekukan tempat-tempat yang mengandung air. Namun, apa yang dimaksud dengan Polar Vortex tersebut dan apa bahaya yang ikut dibawanya? Polar Vortex adalah sistem bertekanan rendah yang tebal dan dingin. Udara berubah arah sewaktu bergerak.  Polar Vortex ini dimulai di Kanada. Setelah melintasi perbatasan, pusaran itu bergerak jauh ke Amerika tenggara, rata-rata suhu menyentuh titik terendah minus lebih dari 20 derajat Celcius . Polar Vortex mengakibatkan suhu paling dingin dalam 20 tahun terakhir ke banyak kawasan di Amerika.            

Dikutip dari L.A Times, seorang ahli meteorologi berbasis di Florida bernama Ryan Maue, Polar Vorrtex ini adalah hawa dingin yang ‘lepas’ dari Kutub Utara karena hembusan angin bertenaga cukup kuat dan menyapu setiap daerah yang dilaluinya. Polar Vortex ini tidak mirip seperti angin topan atau Nor’easter yang cepat datang dan cepat pergi. Kejadian ini merupakan suatu hal yang wajar terjadi di Kutub dan menjadi iklim tetap di sana. Namun, kali ini ada angin besar yang mendorong hawa dingin itu keluar dari zona. Pada umumnya udara atau hawa dingin tersebut terbentuk pada waktu malam hari di mana langit sedang cerah yang memungkinkan hawa panas kalah dan akan menguap ke angkasa.

Seorang ahli meteorologi dari National Weather Service di Souix Falls, menjelaskan bahwa bahaya dari Polar Vortex ini sungguh ekstrim. bila anda menaruh daging dan dibiarkan terkena hembusan hawa dingin ini tanpa pelindung daging tersebut akan membeku hanya dalam lima menit. Bahkan mesin kendaraan pun tidak akan menyala terkena hempasan hawa dingin ini. Sampai saat ini, dikutip dari BBC, sedikitnya 16 jiwa melayang dalam beberapa jam terakhir karena hawa dingin dan beku ini di Amerika Serikat. Suhu beku ini juga mengancam lahan pertanian sekaligus tanaman serta peternakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *